Wednesday, March 23, 2016

Jakarta Lumpuh Saat Demo Pengemudi Taxy



Kemarin , tepatnya tanggal 22 Maret 2016 ada demo para pengemudi taxy yang melakukan protes agar angkutan basis aplikasi online Grab taxy dan Uber ditutup oleh pemerintah.
 Kondisi jalan di depan Simpang Komdak

Mulai pagi hari selain para pengemudi taxy yang membawa taxy mereka berkumpul di beberapa lokasi mulai dari bundaran HI, di Monas dan di depan Gedung DPR, bahkan angkutan umum lainnya jugaikut ambil bagian dalam aksi unjuk rasa ini. Para pengemudi angkot dan pengemudi bajai juga ikut membawa kenderaan mereka dan berkumpul di lokasi-lokasi di atas.
Kenseraan taxy dan angkutan kota yang parkir di Semanggi


Aktivitas unjuk rasa ini cukup menarik perhatian dan makin menarik karena efeknya juga terasa ke yang lain. Bagi karyawan yang umumnya menggunakan fasilitas bis kota untuk berangkat ke lokasi kerja mereka sebagian mengalami keterlambatan karena kemacetan yang parah di beberapa tempat. Buat kenderaan pribadi juga mengalami hal yang sama.
Seperti di depan Komdak, di jalur keluar tol kenderaan yang akan keluar pintu tol pada pukul sembilan pagi sudah mengalami kemacetan parah dan tidak bisa bergerak.
Taxy berhenti dan menutup jalan menuju Gedung DPR


Beberapa penumpang dari bis terpaksa turun dari bis kota sebelum bis keluar dari pintu tol lalu berjalan kai untuk melanjtkan perjalanan dari Komdak ke tujuan masing-masing.

 Penumpang terpaksa turun dari bis yang tidak bisa melanjutkan perjalanan

Seperti yang ada disiarkan di dalam berita oleh beberapa siaran tv nasional terdapat kejadian penyetopan oleh pengemudi taxy yang ikut aksi protes menghentikan taxy lain yang terlihat mengangkut penumpang, mereka memaksa penumpang turun dan mengajak supir tersebut untuk ikut bergabung dalam aksi protes.
Jakarta lumpuh, kok bisa ya? Kegiatan para pengemudi taxy dan angkutan umum dalam aksibprotes mereka mengakibatkan jalan-jalan utarama di pusat kota Jakarta macet parah dan bisa dikatakan lumpuh total hingga beberapa jam. Bukan saja jalan umum, aktivitas protes ini juga membuat jalur busway macet toal karena tertutup oleh taxy-taxy yang diparkirkan di jalur busway menyebabkan busway tidak bisa bergerak. Arus busway baru bergerak sesaat setelah petugas polisi meminta para sopir taxy bergerak dan mindahkan kenderaan mereka yang menghalangi jalur busway.
 Petugas Keamanan membersihkan Jalur Busway



Akhirnya setelah beberapa jam lumpuh total jalur busway mulai terbuka di sekitar semanggi baik menuju blok M maupun menuju arah kota. Namun di bundaran HI kelumpuhan ini lebih lama karena demikian banyaknya kenderaan taxy yang berhenti dan parkir di tengah-tengah jalan.

Video Suasana Jakarta Lumpuh



EmoticonEmoticon