Saturday, March 26, 2016

Empat Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Berbelanja Untuk Menghemat Uang Anda


Dalam berbekanja kebutuhan sehari-hari yang semakin bertambah seringkali membuat kita lupa dan rela menghabiskan banyak waktu. Padahal belum tentu setiap barang yang kita beli tersebut berguna dan mampu bertahan lama. Hal ini juga seringkali menimbulkan masalah yang besar dan membuat banyak orang sulit untuk mengontrol kondisi keuangan.

Beberapa barang yang seharusnya bisa tidak Anda beli agar mampu menabung lebih banyak, adalah berikut di bawah ini:

1. Kopi

Sebagian besar pekerja sering meminum kopi di pagi hari agar mampu menjaga daya tubuhnya. Namun terlalu sering membeli kopi di kedai kopi mahal justru akan membuat kondisi finansial Anda semakin buruk.

Contohnya, Anda mungkin sering membeli kopi yang mahal seharga Rp 50 ribu setiap hari sebelum berangkat ke kantor. Kalau hari aktif kerja anda 20 hari dalam sebulan maka anda menghabiskan satu juta hanya untuk secangkir latte. Ini merupakan pengeluaran yang cukup besar. Ada baiknya memilih kopi yang lebih murah.




2. Air minum kemasan

Lebih baik membawa air dalam botol minuman dibanding harus membeli air minum kemasan setiap kali Anda pergi keluar rumah, Anda dapat menghemat dengan membawa botol minuman sendiri.

Selain lebih menghemat uang, Anda pun berkontribusi dalam pelestarian lingkungan, karena botol kemasan adalah salah satu bahan yang menjadi sampah yang sulit terurai.




3. Gadget terbaru



Perkembangan gadget baru semakin cepat. Selalu muncul gadget-gatget baru hampir setiap enam bulan. Selalu ingin membeli gadget terbaru hanya akan merugikan Anda. Walaupun dapat meningkatkan gengsi, selalu memperbarui gadget terbaru cukup menguras kantong.

Lebih baik mempertahankan gadget yang masih bagus, daripada menghabiskan uang untuk selalu membeli gadget terbaru, Anda mungkin dapat menabung untuk keperluan yang lebih penting.





4. Junk food

Junk food sudah dikenal sebagai makanan yang tidak sehat karena banyak mengandung garam, gula, lemak, kalori tinggi dan zat aditif, tetapi memiliki kadar nutrisi, vitamin, mineral dan serat yang rendah. Namun cukup banyak orang yang senang untuk mengkonsumsinya. Anda dapat mencoba untuk mengurangi makanan junk food tersebut, yang tentunya dapat menghemat keuangan Anda karena junk food biasanya cukup mahal harganya.




EmoticonEmoticon